Menu

Bayi Rewel di Malam Hari, Ini Cara Menidurkannya

Juli 21, 2018 - Parenting
Bayi Rewel di Malam Hari, Ini Cara Menidurkannya

Kualitas tidur bayi akan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangannya. Tidur yang nyenyak akan membuat harinya menjadi lebih bersemangat. Bayi yang tidak rewel di malam hari juga akan membuat Anda mendapatkan istirahat yang cukup sehingga produksi ASI dapat terjaga. Berikut cara menidurkan bayi yang rewel di malam hari dengan mudah.

1. Redupkan Lampu Kamar
Langkah pertama membuat ruangan menjadi redup Anda dapat melakukannya dengan mematikan lampu. Lampu yang redup di kamar akan membuat bayi Anda merasakan nyaman dan tenang sehingga dapat tertidur. Ketika siang hari Anda bisa menutupi jendela dengan tirai agar mendapatkan ruangan yang redup karena cahaya yang terlalu terang akan mengganggu bayi.

Kamar yang redup akan menciptakan suasana yang tenang bagi bayi Anda sehingga membuatnya nyaman. Jangan lupa untuk membuat suhu ruangan Anda menjadi sejuk sehingga bayi tidak merasakan gerah saat akan tertidur.

2. Memberikan ASI
Bayi akan rewel di malam hari untuk tidur jika merasakan lapar. Anda dapat memberikannya tidur yang nyenyak pada bayi dengan memberikannya ASI. Cara ini bisa Anda terapkan untuk bayi sebelum berusia 12 bulan. Anda dapat memberikan ASI satu jam sebelum tidur sesuai dengan waktu tidur pada bayi yang telah Anda tetapkan setiap hari.

Tidur yang tepat waktu akan membuatnya tertidur dengan mudah tanpa rewel. Anda dapat menetapkan jadwal tidur bayi sesuai dengan kebutuhannya. Bayi usia 0 hingga 3 bulan memerlukan minimal 16 jam per hari. Usia 3 sampai 6 bulan bayi membutuhkan waktu tidur minimal 14 jam per hari. Usia 6 bulan ke atas bayi membutuhkan waktu tidur 12 jam setiap hari.

3. Memandikan Bayi
Memandikan bayi sebelum tidur akan membuat bayi tidak merasakan gerah dan memberikan kenyamanan pada bayi. Anda bisa memandikan bayi di sore hari menggunakan air hangat dan menggunakan baju yang berbahan katun atau baju yang menyerap keringat. Berikan minyak hangat pada bagian pusar, dada, dan punggung bayi agar merasa hangat dan nyaman.

Anda bisa mendapatkan minyak hangat untuk bayi yang berkualitas tanpa menyebabkan alergi dengan membelinya di JGOS. Ketika malam hari bayi menjadi rewel maka Anda bisa mengelapnya dengan menggunakan handuk hangat.

4. Mengubah Posisi Tidur Bayi
Bayi akan cenderung tidur dengan posisi telentang saat berusia di bawah tiga bulan. Jika bayi sudah terlelap jangan mengubah posisi tidurnya karena akan membuat bayi terjaga dan menjadi rewel. Anda juga tidak perlu menggeser posisi bayi jika tidak dalam posisi yang membahayakan karena bayi mudah terbangun dengan terkenanya sentuhan.

Anda bisa membeli tempat tidur yang nyaman untuk bayi di toko perlengkapan bayi secara onine dan offline. Belilah tempat tidur dengan bahan yang menyerap keringat dan tidak membuat gerah yang bisa Anda dapatkan di orami.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *